June, 2013

now browsing by month

 

Negara Terbersih dan Terkotor Menurut LPLHI-KLHI

Negara Terbersih dan Terkotor
Selain negara-negar dalam predikat sebagai negara terbersih di dunia, adapula sejumlah negara yang mendapat predikat negara terkotor di dunia. Berikut adalah nama sejumlah negara yang mendapat predikat negara terbersih dan negara terkotor di dunia :
A. Negara Terbersih Didunia
1.      Switzerland
 
Swiss tidak hanya terkenal dengan cokelat dan jam tangan, tetapi juga untuk kebersihan. Posisinya berada di puncak daftar teratas negara terbersih dengan EPI dari 95,5. Delapan parameter seperti sanitasi, kualitas air, pestisida peraturan, Swiss mendapatkan skor sempurna 100. Sebagai negara yang bersih, angka harapan hidup juga tinggi yaitu 81 tahun.
2.      Sweden
 
Swedia adalah negara terbersih kedua dengan EPI dari 93,1. Swedia mencetak nilai kuat di daerah-daerah dengan isu envrionmental, polusi udara, air minum, dan emisi gas rumah kaca. Apakah Anda tahu bahwa mereka merawat hutan mereka; maka emisi gas rumah kaca mereka pun rendah.
3.       Norway
 
Norwegia terikat dengan Swedia di tempat kedua. EPI dari Norwegia adalah 93,1. Norwegia tidak hanya negara terbersih kedua tetapi juga negara terkaya ketiga di dunia. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter seperti kualitas air dan udara, tingkat ozon, dan sanitasi. 98% dari listrik yang dihasilkan diperoleh dari tenaga Hydro (air) di Norwegia.
4.      Costa Rica
 
Costa Rica mengambil tempat kelima dengan EPI dari 90,5. Costa Rica sangat memperhatikan lingkungan mereka dan mereka pun mengambil langkah-langkah untuk menetralkan karbon pada tahun 2021. Costa Rica mendapat nilai 97 atau lebih baik dalam parameter penjagaan hutan, polusi udara, dan lain-lain. Tapi mereka agak tertinggal dalam parameter perlindungan laut.
5.      Austria
 
Austria dengan EPI 89,4 selesai di tempat keenam. Skor mereka sempurna dengan nilai 100 dalam parameter sanitasi, air minum, kehutanan, tumbuh saham, pestisida regulasi, dan perlindungan laut. Seperti rekannya, Finlandia, Austria pun agak terlalu tertinggal dalam masalah subsidi pertanian. Skor emisi CO² industri mereka adalah 82,3.
6.      New Zealand
 
New Zealand mendapatkan skor EPI 88,9. New Zealand tahu cara menjaga lingkungan dan telah mencetak 84,9 di daerah-daerah seperti indeks konservasi
yang efektif. New Zealand juga mendapat nilai yang sangat baik untuk kemurnian udara dan air.
7.      Columbia
 
Columbia mendapatkan EPI 88,3 dan berada di tempat kesembilan. Columbia bergantung pada pendapatan ekspor produksi kopi dan bunga. Columbia mendapat 99,9 pada parameter lahan tanaman intensif. Harapan hidup di Columbia adalah 73 tahun.
8.      France
 
France ada di posisi kesepuluh dengan EPI 87,8. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter air minum, kehutanan, perkotaan khusus, dan pertumbuhan pohon. Skor mereka lebih dari 95 di parameter polusi udara, kesehatan ozon, luas lahan terbakar, dan ekosistem ozon. Mereka tertinggal di belakang dalam bidang seperti keanekaragaman hayati, konservasi efektif, kawasan perlindungan laut, dan subsidi pertanian.
9.      Latvia 
 
Latvia mendapatkan skor di delapan point dengan nilai EPI dari 88,8, hanya selisih 0,1 denga New Zealand. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter perkotaan tertentu, ozon kesehatan, kehutanan, tekanan air, pertumbuhan pohon, tekanan irigasi dan ekosistem ozon. Mereka kurang mengindahkan perlindungan laut karenanya skor mereka cuma 1. Parameter Latvia lain yang mendapatkan nilai lebih dari 95 meliputi polusi udara, air minum, dan regulasi pestisida.
 B. Negara Terkotor Di Dunia
1.   Baku, Azerbaijan
 
Dikelilingi oleh Iran, Georgia, Rusia dan Armenia di Laut Kaspia, Azerbaijan telah lama menjadi pusat kegiatan minyak. Sebagai akibatnya, Baku, ibukotanya, menderita tingkat polusi udara yang mengancam jiwa yang diakibatkan oleh pengeboran dan pengiriman minyak.
2.       Nouakchott, Mauritania
 
Terletak di utara Afrika, Mauritania berada di Utara Samudera Atlantik antara Senegal dan Sahara Barat. Nouakchott, ibukota negara, terletak di pantai barat. Karena gurun-seperti iklim, kekeringan dan pengelolaan air merupakan masalah penting bagi negara. Deposit minyak lepas pantai dan bijih besi berfungsi sebagai peluang utama negara industri, tapi mayoritas dari penduduk bergantung pada pertanian.
3.      Maputo, Mozambique
 
Terletak di Samudra Hindia, negara Afrika Timur, Mozambik menderita oleh kurangnya proses sanitasi – spesifik tidak adanya sistem pembuangan limbah padat maupun pengolahan limbah. Ibukota Maputo merasakan konsekuensi terburuk ini. Garis tumpukan sampah di jalan-jalan, dan limbah di sungai itu tampak tebal.
4.       New Delhi, India
Anda akan menemukan apa saja kecuali kehidupan laut di Sungai Yamuna, New Delhi. Sampah dan kotoran mengalir bebas, menciptakan lingkungan yang kaya untuk pertumbuhan penyakit yang terbawa air yang berkontribusi sangat tinggi dalam tingkat morbiditas bayi.
5.      Port Harcourt, Nigeria

Masalah dengan pembuangan limbah terus mencemari sungai-sungai Nigeria, terutama yang mempengaruhi penduduk di Port Harcourt. Daerah ini kurang memiliki strategi dalam mencegah tumpahan minyak dan kontaminasi, dan metode bersih-bersih setelah bencana memerlukan perbaikan yang signifikan.

Lomba Cerdas Cermat Lingkungan Hidup SMA/Sederajat Se-Kota Tasikmalaya Bersama LPHI dan KHANIWATA di Universitas Siliwangi Tasikmalaya

DSCF3347 DSCF3346 DSCF3345 DSCF3344 DSCF3343 DSCF3342 DSCF3341 DSCF3340 DSCF3338 DSCF3337 DSCF3334 DSCF3332 DSCF3330 DSCF3384 DSCF3383 DSCF3376 DSCF3374 DSCF3372 DSCF3365 DSCF3360 DSCF3355 DSCF3353 DSCF3352 DSCF3350 DSCF3349 DSCF3348

Gallery Penanaman 1juta Pohon Di Pesisir Pantai Selatan Cipatujah

DSCF3108 DSCF3109 DSCF3110 DSCF3111 DSCF3113 DSCF3114 DSCF3116 DSCF3102IMG_0622IMG_0619 IMG_0618IMG_0626

(Untitled)

JAKARTA — Menteri Lingkungan Hidup, Baltasar Kambuaya mengingatkan mengenai limbah makanan. Menurutnya, penting bagi umat manusia untuk mengubah cara berpikir, memproduksi, dan mengkonsumsi.

“Pentingnya umat manusia baik individu, kelompok, mau pun bangsa, mengubah cara berfikir, berproduksi, dan berkonsumsi untuk menyelamatkan lingkungan hidup,” katanya pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2013 di Istana Negara, Jakarta, Senin (10/6).  Read More…

Hari Lingkungan Hidup Sedunia diperingati setiap 5 Juni. Pemerintah, melalui Kementerian Lingkungan Hidup, setiap tahun memberikan penghargaan kepada individu, kelomppk, mau pun perwakilan pemerintah daerah yang berprestasi dalam isu lingkungan hidup.

Penghargaan-penghargaan itu adalah Kalpataru, Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah Terbaik, Adipura, dan Adiwiyata Mandiri. Pada kesempatan itu pula, presiden menyerahkan secara langsung 18 peraih penghargaan Kalpataru, tujuh anugerah Adipura Kencana dan 33 Kota yang menerima Anugerah Adipura untuk pertama kalinya, 22 sekolah Adiwiyata Mandiri dan enam penghargaan Penyusunan SLHD Tahun 2012 terbaik.

Presiden juga berkesempatan mendandatangani Sampul Hari Pertama Perangko peduli lingkungan hidup Tahun 2013.

(source by : REPUBLIKA.CO.ID)

© 2018: LPLHI - KLHI | GREEN EYE Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress